Jenis-jenis Vespa

Vespa 98 / 1946-1947

foirut

Tahun :1946 / 1947
VIN :V98
Nomor :01 / 18079
Produksi :18079 unit

Fork depan masih mengadopsi roda pesawat terbang dan berada di sebelah kiri ban depan (sekarang di sebelah kanan ban). Dengan kapasitas mesin 98 cc maksimal kecepatan hanya 75 km/jam, konsumsi bahan bakar 3 : 100 atau 3 liter buat 100 km, irit kan? Vespa 98 ini di produksi tahun 1946, sebagai cikal bakal model Vespa yang melegenda hingga sekarang. Pertama beredar, V98 sangat diminati oleh masyarakat karena harganya yang murah serta keamanan dan kenyamanannya. Di tahun berikutnya (1947) V98 di produksi dengan jumlah unit yang sama (18079 unit), dan hasilnya laris manis di pasaran.

Vespa 125 – 1948

3dc7_1_sbl

Tahun :1948 / 1950
VIN :V1T – V15T
Nomor : 01 / 104096
Produksi : 104096 unit


Vespa 125 ini dibuat berdasarkan pendahulunya V98, yang terlihat berbeda adalah kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 125 cc dan shock depan berada di sebelah kanan. Bentuk body, stang dan head lamp masih mirip dengan V98. Melihat antusiasme masyarakat yang besar pada Vespa, V125 diproduksi hingga 104096 unit selama periode 1948 hingga 1950..

Vespa Congo

vespa-congo

Salah satu keunikan Vespa Congo adalah Vespa jenis tersebut tidak diproduksi oleh Italy melainkan oleh German. Dengan berbahan baku plat baja yang lebih keras dari pada Vespa bulat umumnya, Vespa Congo memiliki tingkat kelengkapan lebih dari pada Vespa made in Italy yang umum beredar di Indonesia (VBB1T maupun VBB2T). Vespa Congo adalah bukti penetrasi scooter produk Italy yang merambah dunia. Untuk dapat mengetahui hal ini dapat dimulai dari perkembangan Vespa di German.

Vespa GL

vespa-gl

Vespa Gran Lusso (selanjutnya GL) dapat dikatakan sebagai salah satu Vespa yang memiliki beberapa keunikan dari aspek tampilan fisik maupun mesin. Vespa dengan frame serial number (nomor bodi) VLA1T 01001-080855 (berada di bagian bodi bawah bok bagasi) ini, merupakan Vespa pertama yang menggunakan model handlebar (stang) berbentuk trapezium yang terbuka di bagian bawahnya. Adapun maksud tersebut agar memudahkan saat mengatur kabel-kabel perubahan gigi/kopling serta gas.

Pertama kali dilansir pada tahun 1963, GL merupakan versi deluxe dari model keluaran Piaggio di era 60’an yang mengusung mesin berkekuatan 150cc. Nuansa revolusioner dari segi tampilan fisik dapat terlihat dari bagian sayap depan (fender), spakbor serta boks kiri-kanan yang cenderung beraroma kotak. Sebuah perubahan yang dramatis apabila dibandingkan dengan model Vespa 150 (VBB1 dan VBB2). Selain dihiasi striping melengkung berbahan alumunium pada bagian kiri-kanan spakbor serta boksnya, GL juga disematkan gantungan yang berbahan alumunium guna mengunci barang bawaan.

Berikut ini spesifikasi identik Vespa Grand Lusso:
engine: single cylinder, air cooled 2-stroke
induction: disc valve
bore: 57 mm
stroke: 57 mm
cubic capacity: 145.5 cc
compression ratio: 7.2: 1
bhp at rpm: 6.25 @ 5000
transmission: 4 speed constant mesh
primary drive: 22/67
1st gear: 14.46
2nd gear: 10.28
3rd gear: 7.46
4th gear: 5.48
clutch: wet – multiplate
carburetor: Dell’Orto SI 20/17D
ignition: contact breaker & coil
ignition timing: 22 degrees BTDC
breaker gap: 0.3 – 0.5 mm
voltage: 6 volt
max stator output: 6v – 35w
wheels: 10″
tires: 3.50 x 10

About these ads

April 2009
M T W T F S S
     
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Flickr Photos

Porthcawl Pavilion

贅沢  Luxurious  ~宮城,鳴子峽 Naruko Gorge ~

Skuleskogen National Park

More Photos

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: